ATURAN MAIN

GARIS GARIS BESAR HALUAN FORUM

(GBHF)

FORABI (Forum Rakyat Boyolali)

 

MUKADIMAH

Forum Rakyat Boyolali adalah sebuah media atau wahana tempat berkumpulnya individu-individu dan kelompok masyarakat dalam rangka mendefinisikan pendapat, merumuskan kesepakatan dan memperjuangkan aspirasi bersama secara demokratis dan menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM)

 

Melalui Forum Rakyat Boyolali pemerintah daerah dan DPRD akan diawasi/dimonitor kinerjanya oleh masyarakat, agar pemerintah daerah dan DPRD benar-benar bekerja demi kepentingan rakyat.

 

Melalui Forum Rakyat Boyolali masyarakat memberikan gagasannya mengenai kepentingan masyarakat agar pemerintah daerah dan DPRD berdaya melaksanakan amanah memperjuangkan kepentingan dan prakarsa masyarakat berdasarkan aspirasi masyarakat.

 

Melalui Forum Rakyat Boyolali, Dialog multipihak (eksekutif, Legislatif, Warga dan Swasta) akan diselenggarakan guna menggali, merumuskan, memformulasikan kebijakan daerah yang lebih mementingkan pada hajat hidup orang banyak sehingga tercipta keadilan dalam kebijakan dan anggaran di Boyolali.

LATAR BELAKANG

Forum Rakyat Boyolali lahir terinisiasi oleh :

  • Semangat desentralisasi yakni bergulirnya wacana otonomi daerah yang sangat kuat dalam masyarakat, dengan munculnya UU. No 22 tahun 1999.

  • Munculnya pemikiran bahwa dalam tatanan pemerintahan yang demokratis mutlak diperlukan keterlibatan masyarakat sebagai asas keseimbangan ( counter balancing of state) maupun kontrol sosial ( social control ) bagi jalannya sebuah pemerintahan.

 

Forum Rakyat Boyolali di deklarasikan pada tanggal 17 Juni 2001 difasilitasi oleh KOMPIP, LeKAT, KIPPDA Boyolali dan para stake holder yang peduli pada Boyolali.

 

Forum Rakyat Boyolali, lahir sebagai wahana, tempat berkumpulnya individu maupun kelompok masyarakat di Boyolali dalam mengekspresikan artikulasi pendapat dan memperjuangkan dalam sebuah tatanan pemerintahan yang demokratis serta mempengaruhi kebijakan pemerintah yang berpihak pada masyarakat.

 

GARIS – GARIS BESAR

FORUM RAKYAT BOYOLALI

 

Definisi Forum Rakyat Boyolali

  • Merupakan wadah partisipasi politik warga daerah dalam mengkaji, mengambil kesimpulan dan kesepakatan sikap terhadap masalah-masalah pembangunan dan pengelolaan daerah yang dihadapi masyarakat, dan mengupayakan pemecahannya secara bersama-sama.

  • Forum Rakyat Boyolali, sebuah organisasi yang bersifat sebagai instutionalized Round Table Dialog/pelembagaan forum diskusi

  • Masalah-masalah yang diangkat Forum adalah masalah-masalah pembangunan dan pengelolaan daerah dari semua aspek; Ekonomi, Sosial, hukum, politik, budaya, pertahanan keamanan dan Lingkungan Hidup.

 

Arti Forum

Disebut sebagai forum sehingga harus dipahami sebagai

  • Diskusi

  • Mengenai sesuatu masalah ( Topik of public interest )

  • Dengan pihak-pihak tertentu

  • Secara periodik

Implikasi Forum

Untuk itu dibutuhkan

  1. Penyelenggara atau penggerak yang bersifat tetap dalam jangka waktu tertentu

  2. Partisipan atau peserta.

  3. Adanya Aturan main yang disepakati.

 

Visi Forum

Terwujudnya Partisipasi Masyarakat untuk Keadilan Kebijakan melalui Penyelenggaraan Pemerintahan di Boyolali yang partisipatif, Transparan dan dapat dipertanggungjawabkan (Accountable)

Misi Forum

  1. Membuka ruang publik untuk berpartisipasi

  2. Mendorong partisipasi masyarakat dalam menentukan kebijakan daerah.

  3. Membuat perangkat legal dalam hal partisipasi publik.

  4. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja dan pelayanan Institusi Publik.

  5. Menguatkan peran komunitas dalam kebijakan sektoral.

Tujuan Forum

    1. Untuk menggalang partisipasi warga daerah agar terlibat dalam setiap tahap pembangunan daerahnya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasinya. Dengan demikian warga daerah menjadi tidak asing dengan daerah sendiri dan setiap warga merasa memiliki terhadap keadaan dan pertumbuhan daerahnya.

    2. Untuk mendorong pemenuhan hak-hak Dasar warga daerah.

 

STRATEGI FORUM

Eksternal

  1. Lobby

  2. Kajian Ilmiah

  3. Kampanye

  4. Aliansi/ Penguatan Jaringan Kerja

  5. Pressure dan Aksi

  6. Advokasi

 

Internal

  1. Peningkatan SDM

  2. Penguatan Kelembagaan

 

Peranan Forum

  1. Memberikan masukan berupa kritikan dan saran kepada pemerintah daerah dalam mengambil keputusan pada setiap tahap pembangunan dan pengelolaan daerah.

  2. Mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam setiap tahap pembangunan daerah.

  3. Meningkatkan partisipasi warga daerah dalam melakukan kontrol terhadap proses pembangunan daerah yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah maupun swasta.

  4. Mentradisikan dialog multi pihak sebagai strategi penyusunan kebijakan daerah. .

  5. Berpartisipasi dalam mewujudkan otonomi.

  6. Mendorong revitalisasi peran masyarakat.

 

Fungsi Forum

sebagai mediasi, negosiasi, konsultasi dan sekaligus sebagai wahana komunikasi dan motivator untuk berbagai masalah pembangunan dan pengelolaan daerah sebagai kelompok penyeimbang, kelompok penekan dan sebagai kelompok pemrakarsa untuk pembangunan daerah yang berkelanjutan.

 

Sifat Forum

Forum Rakyat Boyolali bersifat terbuka, independen (tidak berafiliasi kepada pemerintah dan atau partai politik tertentu), egaliter atau berkedudukan setara dalam keanggotaannya dan demokratis. Forum hanya berpihak pada prinsip-prinsip keadilan, demokrasi, partisipasi, transparansi dan kemanusiaan dalam proses pambangunan yang berkelanjutan dengan memperhatikan karakter masyarakat lokal.

Partisipan

Adalah orang perorangan, kelompok, organisasi yang berkepentingan dan komitmen terhadap segala hal yang terkait dengan pengelolaan dan pembangunan daerah.

Struktur penyelenggaraan

  • Struktur Forum bersifat fungsional

  • Forum Rakyat Boyolali terdiri dari Rembug Rakyat, Forum Rembug Tahunan, Forum Pleno dan Forum Kaukus

  • Rembug Rakyat Boyolali diadakan dua tahun sekali sebagai media evaluasi, pertanggungjawaban, reorganisasi yang difasilitasi oleh badan pekerja.

  • Forum Rembug Tahunan adalah forum yang diadakan satu tahun sekali sebagai media evaluasi pelaksanaan dan perencanaan Program yang diselenggarakan oleh Badan Pekerja

  • Forum pleno yang diselenggarakan oleh badan pekerja sebagai media evaluasi dan pelaksanaan kerja kaukus yang diselenggarakan satu bulan sekali.

  • Forum kaukus adalah yang difasilitasi oleh Badan Pekerja sebagai media evaluasi dan pelaksanaan kerja kaukus yang diselenggarakan minimal tiga bulan sekali.

  • Kaukus adalah wadah komunitas yang memiliki kesamaan isu dan kepentingan terhadap kebijakan daerah. Adapun Kaukus yang ada didalam Forum Rakyat Boyolali adalah :

 

    1. Kaukus Desa

    2. Kaukus Usaha Kecil dan Menengah

    3. Kaukus Buruh

    4. Kaukus Tani

    5. Kaukus Perempuan

    6. Kaukus Pendidikan

    7. Kaukus konservasi dan Lingkungan

    8. Kaukus Seni dan Budaya

 

  • Kaukus-kaukus ini dipimpin oleh seorang koordinator yang merupakan anggota Badan Pekerja bertanggung jawab pada forum pleno, Forum Rembug Tahunan dan Forum Rembug Rakyat.

  • Badan Pekerja adalah kelompok kerja yang terdiri dari utusan kaukus hasil dari RRB yang akan melaksanakan mandat RRB dan kegiatan dalam jangka waktu tertentu.

  • Badan pekerja ini dipimpin oleh koordinator dengan anggota seluruh koordinator Kaukus yang masa kepengurusannya 2 (dua) tahun dan belum menjabat selama 2 (dua) periode berturut turut.

  • Koordinator Kaukus merupakan orang yang ditunjuk oleh Kaukus yang bersangkutan.

  • Dalam menyelenggarakan kegiatanya BP dapat bekerjasama dengan pihak lain dengan melibatkan tim ahli

  • Tim ahli terdiri dari elemen individu, LSM dan Akademisi yang tidak tergabung dalam kaukus.

  • Forum Konsultasi merupakan forum yang didalamnya terdiri dari LSM, Ormas, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat yang berfungsi sebagai wahana konsultasi penyelenggaraan Forum.

 

Topik Besar

Memajukan Peran Komunitas Untuk Penguatan Hak dan Akses Kesejahteraan

hasil Rembug Rakyat Boyolali ke 3

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: