Butuh KPK Daerah

SRB 10 Desember 2009
Peringatan hari anti korupsi ternyata juga dilakukan oleh para aktifis FORABI (Forum Rakyat Boyolali) di gedung anggota DPRD Boyolali. Kedatangan mereka di gedung dewan memang sudah cukup siang. Sekitar pukul 14:00 puluhan aktifis merangsek ke gedung dewan dan langsung masuk ke ruang ruang pimpinan, komisi dan fraksi. Berbekal sehelai kain putih bertuliskan anti korupsi mereka dengan tegas meminta anggota dewan untuk bersama sama melakukan pemberantasan korupsi di boyolali.
Demo Anti Korupsi
Yang menarik bahwa setiap anggota dewan yang ada ruang maupun di luar ruangan dengan cekatan turut memasang kain ikat kepala. Namun tak sedikit yang kaget, “ini ada apa ini?” celetuk beberapa anggota dewan yang baru. Mereka tampak bingung dengan tingkah para aktifis forabi yang memintanya memasang ikat kepala.

NurSetyanto dari forabi mengatakan bahwa dewan sesuai dengan fungsi yang dimiliki punya peran yang cukup besar untuk memberantas korupsi di Boyolali. “dia kan punya fungsi pengawasan, ini bisa menjadi alat yang ampuh untuk memberantas korupsi, maka kita minta mereka untuk bekerja keras melawan korupsi” ungkapnya. Hal senada juga disampaikan oleh sunardi koordinator kaukus desa forabi, “dewan harus benar benar menjalankan fungsi pengawasan, jika tidak ya uang daerah akan terkuras di korupsi. Dan yang paling penting jangan sampai dewan turut dalam konspirasi untuk korupsi” teriaknya.

Setelah pembagian ikat kepala selesai, para aktifis segera menggalandang dua pimpinan DPRD yakni ketua DPRD S Paryanto dan Wakil Ketua Thontowi Jauhari keluar gedung. Di depan gedung dewan, deklarasi anti korupsi dibacakan oleh Sinam M Sutarno selaku juru bicara aksi. 5 butir pernyataan sikap tersebebut pertama Korupsi adalah musuh bersama karena telah menyengsarakan rakyat dan menguras kekayaan negara. Oleh sebab itu perlu segera ada upaya kongkret untuk pemberantasan.

Kedua Tuntaskan kasus korupsi di Boyolali sampai akar-akarnya. Ketiga DPRD wajib melaksanakan fungsi pengawasan guna menanggulangi, menghambat dan mengikis habis korupsi di Boyolali. Keempat Segera bentuk KPK daerah, sebagai badan pemberantas korupsi di Boyolali. Kelima Mengajak semua elemen masyarakat di Boyolali untuk bersama-sama memberantas korupsi. SNM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: